h1

Karunia itu bernama Rishang Athaya Wardhana

February 16, 2012

Namanya Rishang Athaya Wardhana. Lahir tanggal 10 Januari 2012. Sempat menyandang nama sebagai anonim selama kurun waktu 5 x 24 jam karena orang tuanya bingung menentukan nama yang akan disandangnya.

Tidak mudah ternyata untuk menentukan nama yang disandang oleh anak kita. Nama yang akan disandangnya seumur hidup.Nama yang mampu mewakili karakter dan doa atau harapan dari orang tua kepadanya saat ia besar nanti. Ada beberapa kandidat nama yang telah disiapkan namun kami masih tetap ragu dalam menggunakannya atau dalam perangkaiannya. Hingga pada saat 24 jam ke lima kami bisa memutuskan nama yang disematkan pada anak kami. Rishang Athaya Wardhana. Read the rest of this entry »

h1

piknik ke neraka

December 24, 2011

Hari ini kunyil tidak seperti biasanya, pulang sekolah dengan muka ditekuk dalam beberapa lipatan. Karena penasaran aku pun bertanya kepada anak yang baru 6 tahun ini.

Haluw kunyil. Kok gak ngucapin assalamualaikum?

Tanpa menjawab kunyil pun berlalu begitu saja. Melucuti semua seragam sekolahnya. Meletakkan sepatu dan tas punggung kesayangannya ke tempat peraduannya. Dengan wajah yang sama dia membuka rak pakaian dan terus mengganti pakaiannya.

Dengan rasa penasaran yang membuncah dalam kepala aku pun menginterograsinya kembali.

Kok diem aja kenapa, kupingnya ilang ya? Oh gak kok masih ada tuh“.

Tanpa menjawab lagi, diapun mengajukan pertanyaan.

Om, neraka itu jauh ya?

Aku pun terperanjat dengan pertanyaan tersebut. Aku pun menelisik lebih jauh dulu sebelum menjawab apa yang ingin di ketahui.

Memang kenapa to?

Tadi kunyil di sekolah di ceritain bu guru tentang akhirat, surga dan neraka, om“.

Tapi kunyil lupa, om. Ceritain lagi to, om. Akhirat itu apa to, om?

Akhirat itu kalau tempat setelah orang-orang meninggal nanti. Orang yang meninggal akan dihidupkan lagi di sana

Kalau surga?“, tanyanya memfasilitasi rasa ingin taunya.

Surga itu nanti ada tempat di akhirat untuk anak-anak yang baik, gak nakal, nurut sama orang tua“.

Kalau neraka, om?

Neraka itu tempatnya anak-anak yang nakal, gak nurut sama orang tua, suka marah-marah, anak cengeng“.

Dan dia pun asyik lagi dengan mainan lego nya.

Tiba-tiba dari dalam, terdengar suara mama si kunyil.

Kunyiiiiiiiiiiiillll, Makan dulu!!!

Karena asyik dengan lego nya diapun tidak mendengarkan suara tersebut.

Kunyiiiiiillll, Makan dulu!!! Gak denger ya??

Sekali lagi kunyil pun tidak menghiraukan permintaan sang mama.

Sang mama pun menghampirinya.

Kok disuruh maem kok diam aja. Gak denger ya? Telinganya ditaruh dimana to? dll….dll…dll…dll..”

Setelah sang mama selesai berbicara dia pun melontarkan sebuah pertanyaan kepada sang mama.

Mama kok gak piknik aja ke neraka si mah?“, tanyanya dengan lugu.

GUBRRAAGGGKKXXXX…HAHAHAHAHA. Kunyiiiiiiiiiillllllllllll !!!

 

h1

libur panjaaaaaaaaaang

July 3, 2011

Libur tlah tiba…Libur tlah tiba…

Kunyil sedang riang pagi ini. Karena tidak ada orang yang membangunkannya di pagi buta untuk mandi, sarapan, dan sekolah. Ya..hari ini kunyil mulai libur sekolah.

Nyil, kok kunyil gak berangkat sekolah to?’ ini kan hari senin“, tanyaku.

Kunyil kan lagi libur, om. Libur panjaaaaaaaang“, jawabnya sembari memeluk bantal guling kesayangannya yang memiliki aneka aroma.

Libur panjaaaaaang, kenapa kok libur panjang?

Iya to. Kemarin kan kunyil sudah terima raport.

OOOoooowh

Berapa lama liburnya?”

Lamaaaaaaaaaaa

Berapa lama to?”

Namanya libur panjang, ya liburnya panjaaaaaaang to, om

Iya. Berapa panjang?”

Panjang. Tiga Ratus Meter

Gubbbraagccxx!!!

h1

adek baru

May 9, 2011

Akhir-akhir ini si kunyil (4 th) sedang gundah gulana. Di satu sisi dia senang karena punya adek baru. Di sisi lain dia merasa terancam karena perhatian se isi rumah kepadanya akan berkurang.

Tapi karena seisi rumah tetap memperhatikannya maka rasa terancam itupun menjadi berkurang. Si kunyil selalu berusaha untuk menjadi kakak yang baik walaupun ada kekhawatiran ia akan tersingkirkan sebagai pusat perhatian.

Di suatu hari…

nina bobo ooohhh nina bobo kalo tidak bobo digigit nyamuuuk“, sang nenek berusaha menyanyikan lagu supaya si adek cepat tertidur.

nek, kenapa to adek kalo mau bobo dinyanyiin lagu nina bobo?, tanya kunyil penasaran

ya kalo adek kecil kan senang dengar lagu-lagu, kalo senang adeknya bisa cepat bobo deh“, jawab sang nenek.

berarti kalo kunyil nyanyiin lagu buat adik boleh dong nek, biar adek senang

ya boleh dong. Sekarang mas kunyil nyanyi biar adeknya senang

nyanyi apa ya?”

nyanyi yang diajarin di sekolah kemarin itu lho mas

oh iya!!”

maaaaaaju tak gentaaaaarrrr membeeeeeela yang benarrr….

GUBRAGGGGXXXKK!!

h1

kunyilicius

May 9, 2011

KINI HADIRRRR!!!

Kini hadir kolom KUNYILICIUS. Cerita nyata sang kunyil. Keponakan yang tak pernah lelah memberi kami senyum. Setelah jengkel, geli setengah mati dibuat ma anak yang satu ini. Akhirnya saya memutuskan buat berbagi cerita tentang si kunyil. Anda tidak berminat mendengar ceritanya???

h1

manusia sampah

May 6, 2011

SAMPAH. Dalam definisi kamus besar bahasa Indonesia adalah barang atau benda yang dibuang karena sudah tidak terpakai lagi. Masalah sampah bukan hal yang sepele untuk diselesaikan. Masalah sampah sudah menjadi masalah global. Karena dampak negatif dari  sampah mengena ke seluruh dunia melalui media air, sungai dan laut.

Sampah yang paling mendominasi sebagai masalah lingkungan adalah sampah plastik dari produsen makanan yang menggunakan plastik sebagai kemasannya. Sampah plastik ini jika di darat mengakibatkan tanah tertutup dari air, pertumbuhan tumbuh-tumbuhan terhambat karena tanah tertutup plastik. Di air sampah terhanyut ke laut melalui sungai. Sampah-sampah plastik ini menjadi masalah karena dapat termakan oleh makhluk-makhluk hidup di laut. Di udara, sampah palstik yang dibakar menimbulkan zat-zat karsinogenik penyebab kanker. Read the rest of this entry »

h1

Bunuh ekonomi diri

March 14, 2011

Judul yang aneh……..

Di suatu sore menjelang malam saya sedang dalam perjalanan menuju rumah. Saat itu hujan deras. Dalam perjalanan tersebut saya mampir ke warung makan dekat pasar sembari menunggu hujan agak reda. Berjajar di sana ibu-ibu dan bapak-bapak yang terhanyut dengan lamunan masing-masing. Menatap tiap rintik hujan yang jatuh ke tanah. Beberapa diantaranya sedang asyik dengan sebatang rokok yang ada di jarinya.

Seorang pria separuh baya menatap kepada saya dan bertanya. “Badhe ten pundi, mas?’, (mau kemana mas?)sang bapak membuka percakapan. “Badhe ten wingking peken, pak“, (mau ke belakang pasar, pak) jawabku. “Owh…, mahasiswa nopo sampun ngasto ten pundi?” (mahasiswa atau kerja dimana). “Kulo pun makaryo ten Brebes, pak“(Saya sudah bekerja di Brebes,pak). “Wah kepenak nggih mas njenengan niku“(Wah kalau kamu sudah nyaman ya). “Nyaman pripun to pak?“(Nyaman gimana pak?). Beliaupun menuturkan keluh kesahnya dan ceritanya yang begitu panjang. Jadi saya rangkum menjadi beriku ini. Read the rest of this entry »